Ini Dia Cara Ping WiFi untuk Tes Koneksi Anda Normal

Jadi Anda dapat melakukan ping ke WiFi untuk menguji apakah koneksi Anda normal atau tidak

cara-ping-wifi

Sinyal WiFi terkadang memiliki kecepatan yang tidak terbatas. Bisa cepat atau tiba-tiba lambat sehingga mengganggu kita saat menggunakan internet. Untuk alasan ini, ada baiknya mengetahui cara melakukan ping ke WiFi untuk menguji koneksi.

Nanti Anda bisa melihat kestabilan koneksi. Sederhananya, jika kecepatan WiFi Anda bagus, ping akan memberi nilai kecil. Jika kecepatan WiFi Anda lambat, ping akan meningkat.

Ping WiFi bisa disebut wajib. Pasalnya, seperti yang dijelaskan sebelumnya di situs Uplotify, WiFi terkadang bisa bermasalah. Misalnya koneksi putus dengan sendirinya, tiba-tiba melambat, tidak merespon, dan masalah lainnya. Oleh karena itu, pemeriksaan ping WiFi diperlukan untuk memverifikasi masalah koneksi.

Di bawah ini adalah metode ping WiFi yang dapat Anda gunakan untuk menguji koneksi.

Baca juga: APJII-Pemkab Barru Jajaki Kerjasama Jaringan Internet Desa

Cara melakukan ping WiFi di laptop untuk menguji koneksi

Cara ping WiFi di laptop bisa dilakukan melalui aplikasi Command Prompt (CMD). Jadi Anda tidak perlu menginstal aplikasi lain jika hanya ingin mengetahui kecepatan WiFi yang Anda gunakan.

Berikut caranya:

Buka command prompt (CMD) pada laptop.
Kemudian masukkan ping 8.8.8.8 -t.
Kemudian, tekan ENTER.
Pada kolom Time Anda dapat melihat kecepatan koneksi WLAN yang digunakan. Semakin kecil tandanya, semakin baik dan sebaliknya.

Cara melakukan ping WiFi di ponsel Android

Sementara itu, jika Anda ingin memeriksa ping WiFi di Android, Anda harus menggunakan aplikasi tambahan. Karena Android tidak memiliki aplikasi bawaan yang dapat Anda gunakan untuk memeriksa WiFi.

Salah satu aplikasi yang bisa Anda gunakan adalah Terminal Operator. Menggunakannya mirip dengan melakukan ping ke laptop.

Jelas berjalan seperti ini:

Buka Google Playstore.
Cari aplikasi Terminal Emulator di Google Playstore.
Instal aplikasi emulator terminal.
Setelah instalasi selesai, buka aplikasinya.
Masukkan perintah ping nama server. Misalnya, ping google.com dan tekan Enter.
Laporan ping akan muncul kemudian.

Fungsi ping WLAN

Dari pembahasan di atas dapat diketahui bahwa fungsi utama dari ping WiFi adalah untuk mengecek kesehatan atau kecepatan internet yang Anda gunakan. Jadi, jika kecepatan koneksi WiFi Anda tiba-tiba lambat, Anda bisa segera memperbaikinya agar cepat kembali.

Selain itu, ada beberapa fungsi WiFi lainnya seperti:

Cara memeriksa respons komunikasi di jaringan yang Anda gunakan
Menjelaskan kecepatan bandwidth pada kolom waktu. Semakin kecil ukurannya, semakin cepat kecepatan koneksi Anda
Masalah dengan koneksi jaringan WiFi diindikasikan
Periksa status naik turun laptop di jaringan
Lihat kualitas kecepatan internet yang Anda gunakan

Tips yang bisa dilakukan jika terjadi gangguan wireless

Umumnya, saat WiFi bermasalah, ping akan meningkat. Begitu juga dengan kecepatan WiFi yang menurun atau tidak bisa mengakses internet sama sekali.

Ada beberapa tips yang bisa Anda lakukan saat mengalami gangguan WiFi, seperti:

1. Tutup aplikasi atau situs yang tidak digunakan

Saat Anda melakukan aktivitas melalui Internet, Anda mungkin membuka beberapa aplikasi atau situs web yang menggunakan Internet. Semakin banyak aplikasi atau situs web yang Anda buka, semakin lambat kecepatannya.

Apalagi saat Anda membuka aplikasi atau website yang membutuhkan kecepatan internet tinggi, mis. B. Streaming, Download dan lain-lain. Oleh karena itu disarankan untuk menutup aplikasi atau halaman yang tidak digunakan terlebih dahulu agar kecepatan dapat kembali normal.

2. Putuskan sambungan perangkat yang tidak digunakan

Terkadang kami menggunakannya dalam jaringan WiFi di beberapa perangkat. Misalnya WiFi di rumah, biasanya kita bagikan dengan anggota keluarga lainnya. Perlu diketahui bahwa WiFi yang masih terhubung di beberapa perangkat juga dapat memperlambat koneksi.

Ini karena perangkat yang aktif menggunakan WiFi, meskipun tidak digunakan, tetap menggunakan internet untuk aplikasi latar belakang. Jadi akan lebih baik jika perangkat yang tidak digunakan diputus dari listrik terlebih dahulu.

3. Gunakan tethering ponsel cerdas

Ketika Anda telah menutup aplikasi, kecepatan koneksi

Sumber :