Lulusan ITB Bekerja Apa Mereka?

Institut Teknologi Bandung (ITB) merupakan salah satu universitas ternama di Indonesia. Bahkan, banyak lulusan yang menjadi tokoh penting. Tapi kebanyakan lulusan ITB bekerja, lalu bagaimana?

Lulusan-ITB-Bekerja-Apa-Mereka

Dari studi Tracer Study 2020 oleh departemen studi, terungkap bahwa lulusan ITB

sebagian besar bekerja di bidang IT. Jumlahnya kini telah mencapai 14,2%.
Baca juga:
Gaji Penuh Lulusan ITB, Gelar Manakah yang Terbesar?

Kemudian lulusan ITB juga banyak bekerja di bidang energi dan pertambangan (11,3%), infrastruktur dan transportasi (9%), jasa profesional (8,7%), keuangan (6,8%), penelitian dan pengembangan (6, 2%), penjualan dan pemasaran (6,0), manajemen (4,9%), konsultan (4,5%), produksi (3,9%), analis (3,7%).

Dari data tersebut, survei sampai pada kesimpulan bahwa banyak alumni ITB

memilih bidang IT karena merupakan bidang kerja yang berkembang pesat. “Bekerja di bidang IT. Tak perlu dikatakan lagi jika Anda mempertimbangkan bahwa TI berkembang pesat saat ini, ”kata survei tersebut.

Selain itu, pendidikan (3,5%), seni dan desain (2,4%), arsitektur (2,1%), logistik (1,8%), lingkungan (1,7%), asuransi dan perbankan (1,7%), pemerintah (1,5%) , administrasi (1,5%), kesehatan (1,4%), tata kota dan wilayah (1,2%), otomotif (0,6%), perkebunan, Pertanian dan kehutanan (0,5%), real estat (0,3%), perdagangan (0,2%) , LSM (0,2%) dan hukum (0,1%).
Baca juga:
Lulusan ITB Tidak Bekerja Sepulang Sekolah, Apa Alasannya?

Namun dari data di atas diketahui banyak lulusan ITB yang tidak bekerja sesuai dengan bidang akademik yang dipilih selama studi. “Padahal yang dilakukan alumni masih menjadi bahan kajian,” tulisnya.

Saat ini diketahui bahwa sebagian besar jabatan alumni ITB adalah pegawai perusahaan

dengan total 1913 orang. Kemudian ada 130 orang sebagai manajer di perusahaan, 24 posisi magang, 8 direktur dan 2 pemilik.

Lihat Juga :

gb whatsapp

gb whatsapp

gb whatsapp

gb whatsapp

gb whatsapp