Menanam wortel: sejarah, konten, varietas, kondisi

Definisi wortel
Baca cepat Buka

Wortel berasal dari Afganistan, bagi kami wortel merupakan sumber beta-karoten, zat yang berfungsi sebagai antioksidan dan juga dapat diubah menjadi vitamin A oleh tubuh. Wortel tidak akan mencegah atau mengurangi masalah penglihatan kita yang paling umum seperti rabun jauh dan rabun jauh, rabun jauh. Namun, kekurangan vitamin A dapat menyebabkan rabun senja; H. ketidakmampuan mata untuk menyesuaikan diri dengan terang atau gelap. Vitamin A bergabung dengan protein opsin di sel-sel tingkat retina (membran) untuk membentuk rhodopsin, yang diperlukan untuk penglihatan malam hari. Makan satu wortel setiap beberapa hari sudah cukup untuk memberikan vitamin A untuk mencegah atau mengobati penglihatan ayam jika kondisi tersebut disebabkan oleh kekurangan vitamin.
cerita wortel

Menanam-wortel-sejarah-konten-varietas-kondisi

Wortel (Daucus carota L.) bukan tanaman asli Indonesia, mereka berasal dari negara yang beriklim sedang (subtropis) yaitu Timur Tengah dan Asia Tengah. Ditemukan di alam liar sekitar 6.500 tahun yang lalu. Perintisan budidaya wortel pertama kali terjadi di daerah Mediterania, menyebar jauh ke seluruh Eropa, Afrika, Asia dan akhirnya ke seluruh belahan dunia yang dikenal dengan daerah pertaniannya.
Nilai gizi wortel

Wortel (Daucus carota) adalah sejenis sayuran umbi-umbian

yang biasanya berwarna jingga atau putih dengan tekstur seperti kayu. Bagian wortel yang dapat dimakan adalah umbi atau akarnya. Wortel merupakan tanaman dua tahunan (siklus hidup 12-24 bulan) yang menyimpan karbohidrat dalam jumlah besar sehingga tanaman dapat berbunga pada tahun kedua. Tangkai bunga menjadi sekitar 1 m, dengan bunga putih. Wortel bisa dimakan dengan berbagai cara. Hanya 3% karoten dalam wortel mentah yang dilepaskan selama pencernaan, ini dapat ditingkatkan menjadi 39% dengan melarutkan, merebus, dan menambahkan minyak sawit. Wortel sangat bermanfaat sebagai tanaman pendamping bagi petani. Wortel dapat meningkatkan produksi tomat bila ditanam bersama. Ketika dibiarkan mekar, wortel memancarkan aroma herbal yang menarik tawon pemangsa untuk membunuh hama kebun.

Nilai gizi wortel per 100 g (3,5 oz)

Energi 173 kJ (41 kkal)
Karbohidrat 9 gram
Gula 5 gr
Serat makanan 3 g
Lemak 0,2 g
Protein 1 gram
Vitamin A setara 835 mg (93%)
Beta karoten 8285 mg (77%)
Tiamin (Vit. B1) 0,04 mg (3%)
Riboflavin (Vit. B2) 0,05 mg (3%)
Niasin (Vit. B3) 1,2 mg (8%)
Vitamin B6 0,1 mg (8%)
Folat (Vit. B9) 19 mg (5%)
Vitamin C 7 mg (12%)
Kalsium 33 mg (3%)
Besi 0,66 mg (5%)
Magnesium 18 mg (5%)
Fosfor 35 mg (5%)
Kalium 240 mg (5%)
Natrium 2,4 mg (0%)
Varietas wortel

Banyak jenis wortel, yang sebagian besar diimpor dari Eropa dan Amerika, ditanam di berbagai negara. Beberapa spesies yang tumbuh di India adalah spesies eksotis seperti Chanteny, Danvers, Nantes, Horn Dini, dan Gem. Chanteny dan Danvers dikenal karena akarnya yang panjang dan meruncing serta kualitasnya yang sangat baik. Bentuk permata dikenal karena kecepatan pertumbuhannya dan wortelnya yang lembut. Biasanya, varietas lokal berbutir kasar dan memiliki rasa yang kurang enak dibandingkan dengan wortel yang diimpor dari Eropa dan Amerika. Varietas wortel dapat diklasifikasikan menurut bentuk akar atau respon suhu.
Baca lebih lanjut: Memahami Penghasilan

1. Klasifikasi berdasarkan root

Berakar panjang, panjangnya 25 cm atau lebih, umumnya tumbuh paling baik di tanah yang relatif ringan.
Panjang sedang Panjang akar biasanya tidak melebihi 20 cm. Wortel silinder lurus, untuk jenis Nantes akar oval dengan ujung tumpul, Chanteny, Imperator dll.
Varietas wortel berakar pendek ini cocok untuk tumbuh di tanah yang berat seperti hati sapi, lonjong diperoleh dari varietas merah.

2. Klasifikasi berdasarkan perilaku suhu

Wortel Eropa jenis ini beragam karena membutuhkan suhu rendah (4,8 hingga 10 derajat Celcius) untuk berbunga. Jenis ini tidak dapat tumbuh di Indonesia. Yaitu tipe, Nantes, Chanteny, Imperator, dll.
Varietas tropis atau Asia ini tidak membutuhkan suhu rendah untuk berbunga. Spesies ini dapat tumbuh dengan baik di negara seperti Indonesia.

3. Ciri-ciri beberapa jenis wortel

Pusa Kesar: Pusa Kesar adalah pilihan dari persilangan antara Merah Lokal dan Nantes Setengah Panjang. Ujung daun asli lebih pendek daripada Daun Merah Lokal dalam banyak hal. Akar berkembang pada inti tengah yang sempit, yang juga berwarna cukup merah, seperti inti kuning atau putih di Merah Lokal. Pusa Kesar mengandung karoten dalam jumlah tinggi (38 mg/100 g).

Nantes merupakan varietas Eropa yang dapat ditanam di Indonesia. Dengan panjang sedang, ramping, sosok bagus dengan tubuh bungkuk. Rasanya enak, teksturnya lembut, dan berwarna oranye dengan warna daging merah.

 

Lihat Juga :