DONGKOL pada Orang yang Sering Sebar Hoax Lewat

DONGKOL Soal Orang yang Sering Menyebarkan Hoax di WhatsApp? Gunakan fitur ini, komplain ke orang dalam WhatsApp

sebar-hoax-lewat

Kesal dengan orang yang sering menyebarkan berita bohong atau hoax melalui WhatsApp?

Diam! Di WhatsApp ada fungsi khusus yang dengannya orang tersebut dapat dilaporkan atau dilaporkan ke manajemen WhatsApp untuk segera diproses.

Selain itu, hati-hati dengan frase notifikasi di WhatsApp, yang merupakan tanda bahwa sebuah pesan diduga kuat sebagai lelucon yang sengaja disebarkan secara berantai.

Itulah dinamika WhatsApp. Aplikasi pesan WhatsApp banyak digunakan oleh masyarakat untuk berkomunikasi.

Banyaknya pengguna WhatsApp berbanding lurus dengan tingginya risiko penyebaran hoax di aplikasi berlogo ponsel tersebut.

WhatsApp sering menjadi sumber seseorang termakan oleh berita palsu atau berita palsu yang disebarkan oleh pengguna lain.

Esther Samboh, Manajer Kebijakan Publik WhatsApp untuk Indonesia, menyadari risiko ini. Ia kemudian memberikan tips cara mengenali hoax di WhatsApp.

Yang pertama adalah untuk melihat apakah pesan telah diteruskan berulang kali atau tidak.

WhatsApp memberikan pernyataan “berkali-kali diteruskan” untuk pesan yang telah diteruskan berulang kali. Pengguna perlu waspada ketika menerima pesan ini karena salah satu ciri pesan hoax adalah dikirim secara berantai.

Kemudian, jika Anda menemukan pengguna yang terbukti senang menyebarkan laporan palsu, WhatsApp juga menawarkan fungsi pelaporan. Pengguna dapat melaporkan penyebar hoax melalui fitur ini.

WhatsApp akan menindak penyebar hoax jika banyak laporan serupa.

Selain itu, WhatsApp juga bekerja sama dengan sejumlah pemeriksa fakta di Indonesia, termasuk Mafindo. WhatsApp dan Maindo mengembangkan chatbot untuk membantu pengguna mengidentifikasi pesan mana yang hoax dan mana yang bukan. *** (Rio Rizky Pangestu / Pikiran Rakyat)

Sumber :